Wabup Ipat Buka Jambore Pramuka Madrasah Ibtidaiyah se-Jembrana

09/10/2023

Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) bertindak sebagai pembina upacara dalam upacara pembukaan Jambore Pramuka Profil Pelajar Pancasila KKMI Kabupaten Jembrana bertempat di Lapangan STIT Al-Mustaqim, Kecamatan Negara, Senin (9/10).
 
Jambore yang dilaksanakan oleh
Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) kabupaten Jembrana dibuka dengan pengalungan tanda peserta oleh Wabup Ipat kepada perwakilan peserta jambore.
 
Wabup Ipat berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan jambore dengan sebaik-baiknya. Karena melalui kegiatan Jambore tersebut, dapat meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian setiap peserta.
 
"Saya mengharapkan seluruh peserta untuk mengikuti jambore ini dengan seksama, untuk dapat menciptakan kepribadian yang baik, berkarakter, berwatak, handal dan berpikir dan bertindak serta memiliki jiwa bela negara," ujarnya.
 
Lanjut, kata Wabup Ipat, di situasi global saat ini pendidikan Pramuka menjadi sangat penting. Dirinya berkeyakinan bahwa gerakan Pramuka dapat menyatukan bangsa ketika banyak pihak yang memiliki kepentingan ingin merusak persatuan dan kesatuan bangsa.
 
"Sesuai tujuan gerakan Pramuka yaitu mendidik generasi muda agar berwatak, berkepribadian, berkarakter, berjiwa patriot dan memiliki jiwa bela negara. Yang terpenting pancasila tetap tertanam di dada, yang didasari atas nilai-nilai Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka," kata Wabup Ipat.
 
Gerakan Pramuka, harap Wabup Ipat dapat mengikuti perkembangan jaman dan tidak terkesan kuno di era globalisasi saat ini. Pramuka harus dapat menangkap fenomena dalam era kebebasan berkomunikasi dimana generasi muda lebih banyak berinteraksi melalui media sosial.
 
Hal tersebut menuntut pembina Pramuka harus dapat meningkatkan kreativitas dan berinovasi dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi dalam membina peserta. 
 
"Untuk mewujudkan tersebut, saya meminta gerakan Pramuka agar adaptif dan terus melakukan pembaruan dalam pembinaan anggota Pramuka dengan cara kekinian yang efektif untuk membangkitkan rasa cinta tanah air," tandasnya.
 
Serupa dengan yang disampaikan Wabup Ipat, ketua KKMI kabupaten Jembrana, Fathurrahman mengatakan pelaksanaan Jambore Pramuka tersebut bertujuan untuk memberikan pendidikan karakter dan kepribadian bagi para siswa-siswi.
 
"Kegiatan ini dilaksanakan agar anak kembali bisa memahami makna pramuka yang sesungguhnya. Anak-anak mampu untuk bertanggung jawab serta menjalin kerjasama dengan peserta lainnya," ucapnya.
 
Lanjut, Fathurrahman menjelaskan Jambore Pramuka kali ini diikuti oleh 400 orang peserta dari seluruh Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Jembrana yang duduk di bangku kelas 5 dan 6.
 
"Peserta ada 400 orang dari 20 Madrasah Ibtidaiyah dimana masing-masing madrasah mengirimkan 20 orang peserta. Di Jembrana sendiri ada 7 MI Negeri dan MI Swasta yang mengikuti Jambore Pramuka ini,"