PPI Jembrana Championship V Dibuka Bupati Tamba

04/11/2023

Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Jembrana kembali menggelar PPI Jembrana Championship V Tahun 2023. Mengambil tema 'Dari Anak Muda Menuju Generasi Emas', kompetisi dibuka secara langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Sabtu (4/11) di Gedung Olahraga Kresna Jvara.
 
PPI Jembrana Championship V Tahun 2023 yang meliputi lomba ketangkasan baris berbaris (LKBB) dan dance competition, dilaksanakan selama dua hari, tanggal 4-5 Nopember 2023. Tercatat, 27 tim ambil bagian dalam LKBB dan 10 tim mengikuti dance competition.
 
Bupati Tamba manyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kompetisi ini. Melalui LKBB, pihaknya berpendapat bisa melatih kedisiplinan, kekompakan serta kerjasama bagi para siswa-siswi.
 
"Saya merasa bangga dan senang karena kegiatan ini mewujudkan dan  mencerminkan akan dimulainya pelatihan bagi anak-anak kita," ucapnya.
 
Lanjut, kata Bupati Tamba, melalui LKBB bisa menjaring calon-calon Paskibraka yang nantinya akan mengemban tugas  mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Kemerdekaan RI maupun tugas lainnya.
 
Kendati demikian, Bupati asal desa Kaliakah ini mengatakan bagi mereka yang belum bisa terpilih nantinya sebagai Paskibraka, harus tetap bersemangat dan menjaga kedisiplinan. Mereka yang terpilih mengikuti LKBB tentunya adalah siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah.
 
"Meski nantinya belum terpilih sebagai anggota Paskibraka, paling tidak kalian memiliki kelebihan daripada teman-teman kalian yang lain," ujarnya.
 
Sambungnya, para siswa-siswi diminta untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Kemampuan yang didapat selama berlatih LKBB tentunya juga membentuk karakter siswa yang disiplin, tegas dan bertanggungjawab.
 
"Saya juga mengharapkan jadilah anak-anak Jembrana yang unggul dan berprestasi. Pendidikan ini menggembleng adik-adik sendiri, dari mental dan fisik, saya percaya adik-adik pasti berbeda dengan siswa lainnya," lanjutnya.
 
Bupati Tamba berpesan agar para peserta tidak mengabaikan pendidikan akademik, kedisiplinan yang didapat selama mengikuti LKBB jika diimbangi dengan pendidikan akademik yang baik nantinya akan mengantarkan para siswa untuk meraih cita-citanya.
 
"Pendidikan yang kalian sudah terima di LKBB ini akan lebih bermanfaat jika kalian padukan dengan lebih rajin lagi belajar dan lebih rajin lagi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah maupun kompetisi lainnya," tandasnya.
 
Senada dengan yang dikatakan Bupati Tamba, Ketua Pelaksana PPI Jembrana Championship V, Kadek Odysia Amindra Putrawan mengatakan kompetisi yang rutin dilaksanakan oleh PPI Jembrana bertujuan untuk melihat siswa yang berpotensi untuk dapat bergabung menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.
 
"Kegiatan ini merupakan program kerja Purna Paskibraka Kabupaten Jembrana dan upaya mencari bibit paskibraka tahun 2024, selain itu juga sebagai ajang menyalurkan minat dan bakat siswa-siswi SMP, SMA atau sederajat," ucapnya.
 
Kadek Ody menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini untuk mempererat rasa persaudaraan persahabatan dan kekeluargaan, membentuk rasa patriotisme terhadap bangsa dan negara serta menumbuhkan dan mengembangkan rasa tanggung jawab.
 
Selain itu, lanjutnya kegiatan ini juga untuk menyalurkan bakat dan minat pelajar di Kabupaten Jembrana, menjauhkan hal-hal negatif terhadap generasi muda serta meningkatkan kematangan fisik, mental dan disiplin.
 
Lebih lanjut, imbuh Kadek Ody, sasaran kegiatan LKNN adalah siswa-siswi SMP/MTs/sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat. Selain adanya lomba ketangkasan baris berbaris atau LKBB, diadakan pula dance competition bagi masyarakat umum.
 
"Total peserta yang mengikuti LKBB sebanyak 27 tim, 15 tim dari SMP/MTs atau sederajat dan 12 tim dari SMA/SMK/MA atau sederajat, dan peserta dance competition sebanyak 10 tim,"